Manfaat Kajian Wacana Dalam Konteks Indonesia


Kajian wacana memiliki manfaat yang besar apabila dikaitkan dengan koteks Indonesia yang beraneka ragam kultur dan budayanya. Manfaat tersebut antara lain sebagai berikut.
 
     1. Membantu masyarakat memahami berbagai permasalahan yang terjadi sekaligus mencari solusinya. Dengan adanya analisis wacana dapat membantu masyarakat untuk berpikir kritis dalam menghadapi berbagai permasalahan yang ada di dalam masyarakat. Misalnya saja, kajian wacana akan membantu dalam mendalami permasalahan berikut mencari solusi atas berbagai masalah misalnya banjir yang selalu melanda ibukota setiap tahun, memahami bursa pencalonan presiden, menangani permasalahan berkaitan dengan pengemis yang menjamur dimana-mana, kemacetan lalu lintas, dan lain sebagainya
e   2. Sebagai bahan pertimbangan untuk menentukan langkah yang akan diambil setelah melihat fakta yang berkembang di masyarakat. Dalam sebuah analisis wacana pasti di dalamnya terdapat berbagai pandangan yang didukung oleh pemikiran-pemikiran yang logis. Dengan adanya bahan pertimbangan ini akan semakin memudahkan masyarakat dalam menentukan langkah. Contoh sederhana, ketika seorang wanita akan memilih produk kecantikan cocok dengan dirinya tentu terdapat banyak penawaran produk yang bervariasi mulai dari bentuk produk, harga, maupun kualitasnya. Kajian wacana ini akan membantu menganalisis untuk menentukan pilihan tersebut.
   3. Kajian wacana dapat mengungkap berbagai fakta, idealisme yang tersirat dalam sebuah wacana guna mengetahui maksud dan tujuan penulis wacana tersebut. Kajian wacana ini terutama adalah manfaat kajian wacana kritis. Kajian ini akan membantu masyarakat dalam memahami lebih dalam berkaitan dengan dominasi kekuasaan yang ada dalam wacana. Misalnya, dalam iklan di dalamnya pasti ada upaya untuk memengaruhi pemirsa/pembaca untuk menggunakan produk/jasa tertentu. Dengan adanya analisis wacana kritis akan membantu masyarakat untuk berpikir secara lebih kritis disertai berbagai pertimbangan yang matang agar tidak mudah tergoda oleh bujuk rayu iklan yang bernada bombastis tersebut.
    4. Membongkar nilai-nilai yang terkandung dalam sebuah wacana. Nilai-nilai ini tentu adalah nilai-nilai kebenaran yang sebenarnya, bukan sekedar kamuflase permainan bahasa. Masyarakat akan dituntun untuk memilah mana nilai yang baik dan mana yang tidak  sekaligus mendukung nilai-nilai yang baik tersebut agar tumbuh subur dalam budaya masyarakat, misalnya nilai kerukunan, kebersamaan, toleransi, dan lain sebagainya.
     5. Kajian wacana memberikan  kontribusi bagi perkembangan pendidikan dengan menanamkan sikap skeptic dan critical thingking terhadap segala hal. Penanaman sikap ini akan selalu meningkatkan kewaspadaan terhadap segala hal. Secara tidak langsung hal ini akan mendorong masyarakat  untuk selalu berlatih berpikir sistematis.
    6. Kajian wacana memungkinkan menganalisis fenomena-fenomena yang terjadi di lingkungan sekitar dari berbagai sudut pandang. Hal ini akan membawa dampak pada meningkatkan pemahaman dan pengetahuan dari berbagai sisi sehingga memerkaya pengalaman dan pengetahuan.

Komentar