Ridan adalah...

Setiap nama pasti memiliki maksud tertentu meskipun secara terminologi bahasa nama yang berkedudukan sebagai kata tidak memiliki arti apapun. Itu yang selalu kuingat kata dosenku ketika aku kuliah. Meskipun begitu, mengetahui rahasia di balik nama menimbulkan kesenangan tersendiri. Nah, kali ini aku ingin mengetahui apakah arti dari kata Ridan. Aku mencoba menemukannya di mesin pencari dan hasilnya sebagai berikut.
Menurut kamus bahasa Inggris Ridan artinya pohon, kayunya dibuat papan, Nephelium maingayi. Kalau difilosofikan mungkin semacam sesuatu yang mengayomi.

Menurut  http://names.crazyartzone.com/index.asp?cat=Cari&key=Ridan Ridan merupakan bentuk pendek dari ramah, Ikhlas, dinamis, amanah, dan naïf. Kalau ini terkesan mengada-ada atau sengaja kurang tahu ya heheehe… Tetapi pada dasarnya aku terbuka pada segala bentuk penafsiran dari segala sumber.

Menurut http://www.bachpan.com/Meaning-of-Ridan.aspx Ridan artinya searcher atau pencari. Kalau dihubungkan dengan kenyataan mungkin ada benarnya karena aku suka mencari banyak hal baru dan mencecap banyak pengalaman baru. Mungkin semacam pelancong yang mencari tempat-tempat wisata unik dan tidak pernah puas. Nama Ridan biasa untuk bayi lelaki katanya. Waduh!

Menurut http://name.crazyartzone.com/index.asp?ch=R&cat=Lelaki&rows=92&nav=2 Ridan berasal dari bahasa Arab yang berarti redha/ikhlas. Nah, ini agak mirip dengan yang dikatakan bapakku. Namun sekali lagi aku harus bilang waduh karena lagi-lagi nama Ridan untuk menyebut bayi laki-laki.

Ada juga yang aku temui di http://quranicnames.com/i-want-to-know-the-meaning-of-ridan/ yang menyatakan bahwa Ridan disebutkan tiga kali dalam Al-Quran. Kemudian seseorang tersebut menanyakan arti kata Ridan tetapi pertanyaan tidak direspon oleh staf media tersebut.

Menurut bahasa Indian, Ridan artinya cute dan biasanya digunakan untuk menyebut bayi laki-laki  (http://www.babynamesdirect.com/indian-baby-names/Boy/R/2).

Ridan tidak ditemukan dalam bahasa Hindi tetapi kata yang mendekati adalah roman atau yang berarti romantis (http://dict.hinkhoj.com/words/meaning-of-RIDAN-in-hindi.html).

Menurut http://www.themeaningofnames.org/?n=Ridan&m=&d=&y=&go=Go Ridan juga merupakan kependekan dari 5 kata. R untuk kata relish  yang suka mencari tantangan. I merupakan bentuk pendek inspire, others seek your guidance alias sosok penginspirasi orang lain. Nah, ini harapannya begitu. D untuk dashing/gagah. Jadi ceritanya Ridan itu termasuk jenis yang romantis hihihi... Mudah-mudahan begitu juga xixixi... A untuk activities alias banyak kegiatan dan tentu saja ini hanya kata lain dari sok sibuk. Dan terakhir N untuk nice. Masih menurut laman ini nama Ridan bukanlah nama yang umum dipakai orang. Dari jumlah data 5.552.452 nama Ridan tidak muncul. Karena nama ini jarang digunakan di Amerika maka nama Ridan merupakan salah satu dari nama individu yang unik. Dan kalau aku bisa bilang hidupku juga dipenuhi kejadian unik.

Berdasarkan uraian di atas, kata yang banyak disebut berkaitan dengan Ridan adalah bayi laki-laki, romantis, dan suka tantangan. Apapun penafsirannya, beginilah aku adanya.

Komentar

Posting Komentar