Kisah Fico #2


Sejak tulisanku dibaca banyak orang, tiap aku keluar rumah berasa kayak artis. Dilihatin banyak orang, suka disapa “Hai, Kamu Fico itukan? Foto dong” dan seabrek kegenitan yang tiba-tiba menjadi duniaku. Awalnya grogi juga sih ngadepi banyak fans yang selalu minta aneh-aneh. Tapi aku juga punya cerita teraneh sepanjang karirku sebagai seorang penulis. Sepanjang? Emang berapa tahun kamu juga penulis hah? Oh iya maksudku selama tiga bulan sepuluh hari ini (hiks baru sebentar ya). Jadi, saat itu ada seorang nenek-nenek yang membeli gorengan di depan rumah. Selain aku hobi makan tuh gorengan aku juga suka mempertontonkan mukaku di hadapan publik, ya sedikit ngeksis gitulah. Apalagi penjual gorengan depan rumah itu merupakan tempat nongkrong APGJ (Anak Pecinta Gorengan Jogja).
Tau sendiri dong konsekuensinya jika aku nongol di sana, pasti langsung pada rebut minta foto. Sayangnya sore itu masih sepi sehingga hatiku sedikit menciut. Tak apalah aku menghibur diri toh masih ada beberapa cewek yang melirik ke arahku sambil berbisik-bisik dan tertawa. Ah, pasti mereka sedang membicarakanku. Akupun berjalan sedikit tegap dan menebar senyum. Dengan gaya cool aku duduk di seberang nenek-nenek yang duduk di kursi depan penjual gorengan. Nenek itu terus mengamatiku sambil sesekali tersenyum. Akupun membalas senyumnya dengan sedikit meringis (gak ada rotan akarpun jadi hehe).
“Piko, Piko…” nenek itu memanggil dan sambil melambaikan tangan ke arahku.
Tanpa basa-basipun aku mendekat.
“Iya, Nek ada apa?” sapaku sopan.
“Piko, Piko…”
“Iya, Nek saya Fico. Apa yang bisa saya bantu?”
“Ah, Pikooo…Piko,” katanya semakin keras.
“Nenek, saya Ficonya, Nenek mau gimana?” tanyaku mulai bingung.
Nenek itu pun memegang tanganku dan berusaha berdiri. Akupun membantunya. Tiba-tiba dia mendorongku hingga jatuh dan berlari. Aku yang hilang keseimbangan tak dapat lagi memegang tangan nenek itu. Jadi, aku membiarkannya berlari kearah pohon Jambu. Beberapa orang ternyata sudah berkerumun di sana. Kamu tau apa yang terjadi? Seekor anjing tidak bisa turun dari pohon. Kau tahu? Anjing itu namanya Piko!! Hash….
                                                            ***

Komentar