Sembilan Tipe Kecerdasan Manusia


Setiap manusia itu diciptakan Allah dengan segala kelebihan yang tidak dimiliki makhluk lain. Salah satu kelebihan tersebut adalah manusia memiliki akal dan kecerdasan guna bertahan hidup. Dengan kecerdasan ini manusia dapat melakukan berbagai hal dan menghasilkan kreatifitas. Berikut ini informasi mengenai 9 tipe kecerdasan utama yang dimiliki oleh manusia.
1. Kecerdasan Linguistik
Kecerdasan linguistik merupakan salah satu tipe kecerdasan utama yang dimiliki oleh manusia dalam hal mengolah kata-kata secara efektif, baik bicara maupun menulis. Profesi yang sesuai untuk orang yang memiliki kecerdasan linguistik yang menonjol antara lain jurnalis, penyair, dan pengacara.

2. Kecerdasan Matematis-Logis
Kecerdasan matematis-logis yaitu salah satu kecerdasan utama yang dimiliki oleh manusia dalam hal angka dan logika. Profesi yang cocok untuk Anda yang memiliki kecerdasan matematis-logis menonjol ialah ilmuan, akuntan, dam progammer.

3. Kecerdasan Visual-Spasial
Kecerdasan visual-spasial merupakan salah satu tipe kecerdasan utama yang dimiliki oleh manusia yang mencakup berpikir dalam gambar dan mampu untuk menyerap, mengubah dan menciptakan kembali berbagai macam aspek visual. Profesi yang cenderung memiliki kecerdasan visual-spasial menonjol ialah arsitek, fotografer, designer, pilot, dan insinyur.

4. Kecerdasan Kinestetik-Jasmani
Kecerdasan kinestetik-jasmani ialah salah satu jenis kecerdasan utama yang dimiliki oleh manusia dalam hal penggunaan tubuh atau gerak tubuh untuk mengekspresikan gagasan dan perasaan. Profesi yang tepat untuk Anda yang cenderung memiliki kecerdasan kinestetik-jasmani yang menonjol ialah atlet, pengrajin, montir, penjahit, dan perakit model.

5. Kecerdasan Musikal
Kecerdasan musikal merupakan salah satu kecerdasan utama yang dimiliki manusia untuk mengembangkan, mengekspresikan, dan menikmati bentuk musik dan suara. Profesi yang cenderung didominasi oleh orang yang memiliki kecerdasan musikal ialah konduktor, pencipta lagu, dan penyanyi.
6. Kecerdasan Interpersonal
Kecerdasan interpersonal merupakan salah satu kecerdasan utama yang dimiliki oleh manusia untuk mengerti dan peka terhadap perasaan, intensi, motivasi, watak, dan temperamen orang lain. Profesi yang sesuai untuk orang yang memiliki kecerdasan interpersonal yang menonjol ialah networker, negotiator, dan guru.

7. Kecerdasan Intrapersonal
Kecerdasan intrapersonal yaitu salah satu kecerdasan yang dianugerahkan oleh Tuhan untuk manusia berupa pengetahuan akan diri sendiri dan kemampuan bertindak secara adaptif berdasar pengetahuan diri. Profesi yang cenderung membutuhkan kecerdasan intrapersonal ialah konselor dan teolog.

8. Kecerdasan Naturalis
Kecerdasan naturalis merupakan kecerdasan yang dimiliki oleh manusia dalam hal memahami dan menikmati alam serta menggunakannya secara produktif dan mengembangkan pengetahuan lam. Profesi yang tepat untuk orang yang memiliki kecenderungan terhadap kecerdasan naturalis ialah petani, nelayan, pendaki, dan pemburu.

9. Kecerdasan Eksistensial
Kecerdasan eksistensial merupakan salah satu tipe kecerdasan yang dianugerahkan oleh Tuhan untuk manusia dalam hal menjawab persoalan-persoalan terdalam eksistensi atau keberadaan manusia. Profesi yang sesuai untuk orang yang didominasi oleh kecerdasan eksistensial ialah filsuf dan teolog.

Itulah informasi mengenai sembilan tipe kecerdasan utama yang dimiliki oleh manusia. Sungguh Tuhan Maha Kuasa atas segala ciptaannya. Semoga dengan mengetahui informasi ini kita akan lebih bersyukur diciptakan sebagai manusia (19.19).

Komentar