Jumat, 31 Mei 2013

Cara Ampuh Hindari Batu Ginjal (Part 2)




Seperti yang sudah saya ungkapkan sebelumnya bahwa batu ginjal itu sangat menyakitkan. Oleh karena itu ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mencegah timbulnya batu ginjal seperti di bawah ini.
1.      Hindari protein hewani yang berlebih.
2.      Banyak minum air putih.
3.      Olah raga secara teratur.
4.      Ganti makanan karbohidrat sederhana dengan karbohidrat komplek misalnya nasi putih diganti dengan nasi merah. Kurangi pula konsumsi makanan karbohidrat sederhana dan makanan yang mengandung banyak purin, seperti dalam daging, ayam, ikan, dan terutama jeroan seperti juga sosis.
5.      Bagi yang memiliki berat badan berlebih harus diturunkan.
6.      Makanan yang kaya akan magnesium dan vitamin B6 (Pyridoxin) sangat dianjurkan untuk dikonsumsi karena dapat meningkatkan pelarutan kalsium oksalat (magnesium banyak terdapat pada kacang-kacangan dan biji-bijian.
7.      Vitamin K dapat membantu pembentukan glycoprotein yang akan menghambat pembentukan kristal oksalat. Vitamin K terdapat di sayuran berwarna hijau, yaitu pada klorofil yang larut dalam lemak.
8.      Orang yang banyak minum susu dan makan obat antacid untuk menurunkan keasaman lambung dalam jangka panjang dapat mengakibatkan terbentuknya batu.
9.      Toksin yang berasal dari logam berat meningkatkan insiden batu ginjal, seperti merkuri, aluminium, dan terutama cadmium.
10.  Hindari konsumsi garam secara berlebihan.
11.  Lidah buaya dalam jumlah yang tidak menyebabkan mencret sangat baik untuk mencegah dan mengecilkan ukuran batu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar