Jumat, 31 Mei 2013

TIPS SEHAT TERHINDAR DARI BATU GINJAL ALA RIDAN (1)



Sebagai orang yang pernah menderita batu ginjal, saya merasakan betapa menyiksanya menderita penyakit ini. Perasaan perih, sakit, panas, nyeri dan segala macam rasa yang tak bisa disebutkan satu persatu. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk mengetahui segala hal yang berkaitan dengan batu ginjal. Sebenarnya, penyakit batu ginjal timbul karena kesalahan gaya hidup kita terutama dalam hal makanan. Dengan kata lain, penyakit ini dapat dicegah.

Apa itu batu ginjal itu?
Secara singkat dapat digambarkan bahwa batu ginjal adalah batu yang terbentuk dari mineral/sampah yang tidak diperlukan tubuh.

Apa penyebab terbentuknya batu?
Untuk memahami itu, kita lihat dahulu sekilas tentang ginjal. Ginjal berfungsi untuk membersihkan darah. Ginjal mempunyai dua fungsi dasar:
1.      Membersihkan racun-racun dalam darah.
2.      Pada saat pembersihan, ginjal akan menyimpan unsur-unsur yang tubuh perlukan dalam jumlah yang seimbang, contohnya garam, garam yang diperlukan tubuh akan ditahan oleh ginjal dan sisanya yang tidak diperlukan akan dibuang.
Problem akan timbul ketika sampah yang harus dibuang terlalu banyak, sementara air untuk membersihkannya kurang. Jadi secara sederhana, ada dua hal penting yang harus kita lakukan untuk mencegah terbentuknya batu ginjal:
1.      Minum air. Kita harus minum sebanyak air yang dikeluarkan tubuh plus tambahan untuk melarutkan/ mengencerkan urin.Batu mudah terbentuk di urin yang terlalu pekat.
2.      Kurangi/ hindari kelebihan sampah yang harus dibuang oleh ginjal dengan memakan makanan secukupnya dan memilih makanan yang tidak banyak menyisakan sampah yang dapat membentuk batu seperti sayuran dan buah-buahan.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar