Dari yang sederhana…

Kali ini aku ingin berbagi hal-hal sederhana. Meskipun sederhana bukan berarti tak berguna. Aku tipe orang yang sayang banget sama kertas. Jadi, kertas yang hanya termanfaatkan di satu sisi biasanya akan kubawa ke tukang foto kopi dan dispiral. Hasilnya kertas bekas ini bisa menjadi buku catatan pekerjaan sehari-hari. Ketika  kertasnya hampir semua terpakai aku akan menyortir kata-kata atau tulisan dalam buku yang berkesan dan aku tuliskan dalam sebuah coretan yang lebih riil entah sebagai cerita pengalaman maupun tips. Lebih lanjut jika tulisannya sudah penuh spiral-spiral ini aku kumpulkan jadi satu dan masuk ke dalam kardus. Jadi kertas-kertas sisa tidak akan teronggok sia-sia. Sederhana bukan?

Sejak kuliah aku punya kebiasaan unik, yaitu mengumpulkan botol-botol bekas minuman dan kertas-kertas tak terpakai. Di akhir semester, semua barnag yang terkumpul dijual ke tukang loak. Hasilnya? Dibelikan nasi bungkus untuk bapak-bapak tukang becak. Barang-barang yang mungkin tidak bermanfaat bagi kita ternyata dapat dimanfaatkan untuk orang lain. Peduli sesama tidak harus mahal!

Untuk barang-barang yang masih bagus dan masih layak pakai tapi sudah tidak terlalu dibutuhkan seperti tas, sepatu, dan baju biasanya aku oper ke teman atau adik. Beberapa juga kadang dibungkus rapi dan diletakkan di dekat tempat sampah. Biasanya nanti akan ada yang memanfaatkan barang tersebut.

Untuk botol-botol kaca bekas parfum/minuman yang bentuknya unik biasanya aku gunakan sebagai tempat asesoris dan penghias ruangan. Murah dan hemat karena tidak perlu membeli barang-barang baru.

Selalu membawa catatan atau buku ketika bepergian/menunggu orang. Buku akan memberikan pengalaman dan pengetahuan baru. Sementara kertas dan pena akan menciptakan pengalaman baru lewat ide-ide yang muncul. Artinya, kita tidak perlu membuang waktu ketika janji menunggu orang. Be smart!

Aku suka mengumpulkan kotak-kotak makanan atau sepatu. Kotak-kotak ini sering aku manfaatkan sebagai kotak kado untuk orang-orang terkasih. Jadi, kalau ingin memberi kado untk orang-orang terkasih tidak perlu ribet mencari kardus. Efektif!

Bekerjalah dengan jadwal. Catat hal-hal penting yang harus segera dilaksanakan, tugas, janji, dan lain sebagainya. Selain sebagai remainder, catatan ini akan membantumu mengalokasikan waktu agar tidak terbuang sia-sia.

Sering kali ketika berbelanja kita mendapatkan uang koin. Ada baiknya uang ini kalian bendel per-1000-an atau 5.000-an. Fungsinya uang koin ini bisa dimanfaatkan untuk membeli pulsa atau jajan. Jadi, kalian tidak perlu mengeluarkan uang kertas untuk membayarnya.

Jangan malu untuk menulis hal-hal kecil. Bukankah banyak hal kecil yang melahirkan hal-hal yang lebih besar berikutnya.
Sekian, semoga bermanfaat.


Komentar