Manfaat Menulis



Di sisi lain, menulis memiliki keuntungan yang lebih besar dari pada berbicara. Selama menulis, seseorang memiliki lebih banyak waktu untuk berpikir, mencoba menuangkan ide, memilih kata, membaca ulang tulisan, berpikir ulang, merevisi dan menyusun kembali, dan yang terpenting adalah memikirkan reaksi pembaca. Menulis berarti memiliki banyak waktu untuk menemukan cara pengungkapan terbaik. Seseorang yang sudah terbiasa menulis membutuhkan waktu yang lebih sedikit daripada orang yang tidak terbiasa menulis. Dalman (2014:6) menyatakan bahwa menulis memiliki banyak manfaat yang dapat dipetik, diantaranya:
a.       peningkatan kecerdasan,
b.      pengembangan daya inisiatif dan kreativitas,
c.       penumbuh keberanian, dan
d.      pendorong kemauan dan kemampuan mengumpulkan informasi.

Senada dengan pendapat di atas, Sabarti Akhadiah, Maidar G. Arsjad, dan Sakura H. Ridwan (1988:1-2) menyatakan bahwa menulis memiliki banyak manfaat seperti di bawah ini.
a.     Menulis dapat mengenali kemampuan dan potensi diri seseorang. Dengan menulis, seseorang mengetahui tingkat keluasan pengetahuan tentang suatu topik.
b. Kegiatan menulis membuat seseorang mengembangkan gagasan melalui kegiatan bernalar, yaitu menghubung-hubungkan serta membandingkan-bandingkan fakta.
c.    Kegiatan menulis membuat seseorang belajar menyerap, mencari, dan menguasai informasi yang berkaitan dengan topik yang ditulis.
d.    Menulis berlatih mengorganisasikan gagasan secara sistematis dan mengungkapkan secara tersurat. Hal ini membuat seseorang menjadi lebih memahami permasalahan yang terjadi.
e.     Hasil tulisan dapat meninjau serta menilai gagasan penulis secara objektif.
f.       Kegiatan menulis membantu seseorang memecahkan persoalan, yaitu dengan menganalisis secara tersurat dalam konteks yang lebih konkret.
g.      Menulis mendorong seseorang belajar lebih aktif.
h.      Kegiatan menulis yang terencana membiasakan seseorang berpikir dan berbahasa secara tertib.

Berdasarkan beberapa pendapat di atas dapat disimpulkan bahwa menulis merupakan suatu kegiatan komunikasi dalam bentuk penyampaian pesan/gagasan (informasi) kepada pihak lain (pembaca) dengan menggunakan bahasa tulis yang bertujuan untuk berkomunikasi dengan media tulisan.

Komentar