Pengertian Laporan Informasi, Teks Berita, Teks Anekdot, dan Teks Review

Laporan Informasi
Laporan informasi merupakan teks yang berisi penjelasan deskripsi ilmu pengetahuan dan pengembangan ilmu pengetahuan yang diharapkan bermanfaat sebagai bahan tambahan pengetahuan bagi pembaca. Teks ini dipergunakan untuk menyampaikan informasi tentang natural or non-natural phenomena atau things in the world. Fenomena yang bersifat natural misalnya binatang, tumbuhan, dan manusia. Fenomena yang bersifat tidak natural misalnya gunung, dan sebagainya.

Berita
Berita merupakan teks yang berisi informasi mengenai peristiwa yang terjadi dan sedang menjadi perbincangan di masyarakat. Pardiyono (2007: 245-246) menyatakan bahwa pengertian berita adalah “It is a type of written text that has the main function or communicative purpose is to inform readers or listeners about events of the day the are considered newsworthy or important”. Struktur retorikal teks berita terdiri dari: (1) headline yang merupakan hal yang diberitakan dan biasanya ditulis dalam kalimat yang pendek atau kalimat tidak lengkap dan eye-catching  untuk menarik minat pembaca; (2) summary of event yang berisi ringkasan kejadian atau fenomena yang dilaporkan; (3) background event yang berisi penjelasan tentang hal-hal yang terjadi; dan (4) source berisi komentar orang yang terkait yang biasa menjadi saksi dalam kejadian atau fenomena tersebut.

Anekdot
Anekdot merupakan teks yang menceritakan tentang kejadian yang luar biasa yang terjadi di luar keinginan (unexpected or out of the ordinary) yang dikategorikan sebagai tindakan bodoh, lucu, atau konyol. Struktur retorika anekdot terdiri dari: (1) title yang berbentuk frase tentang kejadian yang tidak biasa; (2) abstract  merupakan pernyataan yang umum; (3) orientation  yang berisi pengenalan atau pengantar cerita; (4) crisis  yang berisi pemaparan kejadian puncak atau inti dari kekonyolan kejadian; (5) reaction yang berisi reaksi atau tindakan yang diambil oleh penulis untuk mengatasi hal tersebut; dan (6) coda,  yaitu penutup dari teks yang diceritakan.

Review
Review merupakan jenis teks yang berisi ulasan terhadap suatu produk intelektual baik itu buku, film, maupun berbagai jenis karya seni dalam bentuk evaluasi baik itu penilaian, saran maupun kritik. Struktur retorika review terdiri dari: (1) title yang dibuat oleh reviewer  setelah membaca dengan seksama buku atau karya intelektual yang akan di-review; (2) identification  yang berupa pernyataan tentang tindakan yang dilakukan terkait dengan title yang telah dibuat; (3) summary of the work+evaluation yang berisi ringkasan isi karya seni yang di-review disertai dengan komentar tentang isi karya seni tersebut secara seimbang; dan (4) author and publisher yang berisi keterangan penulis tentang karya yang di-review, judul buku, dan penerbitnya.

Komentar