Selasa, 10 Maret 2015

Pengertian Teks Prosedur, Teks Eksplanasi, dan Teks Eksposisi

Teks Prosedur
Prosedur merupakan teks yang berisi petunjuk tentang langkah-langkah yang harus dilakukan dalam menyelesaikan suatu hal secara urut (in sequent steps). Struktur retorika teks prosedur terdiri dari penentuan topik yang dibahas dilanjutkan dengan langkah-langkah (steps) yang harus dilakukan dan biasanya diekspresikan dalam bentuk kalimat perintah/imperatif.

Teks Eksplanasi
Eksplanasi merupakan teks yang menjelaskan proses terjadi suatu fenomena alam atau sosial. Tujuan penulisan teks eksplanasi adalah untuk: (1) menjelaskan terbentuknya suatu objek dan (2) mendeskripsikan proses suatu pekerjaan fenomena alam atau sosial yang terjadi atau terbentuk. Elemen teks eksplanasi terdiri dari topik dan pernyataan umum (Pardiyono,2007:155). Hal yang senada juga diungkapkan Mahsun (2014:33) yang menyatakan bahwa teks eksplanasi memiliki fungsi sosial untuk menjelaskan/menganalisis proses muncul/terjadinya sesuatu.

Teks Eksposisi
Dalman (2014:120) menyatakan bahwa eksposisi adalah karangan yang menjelaskan atau memaparkan pendapat, gagasan, keyakinan yang memerlukan fakta yang diperkuat dengan angka, statistik, peta dan grafik, tetapi tidak bersifat mempengaruhi pembaca. Eksposisi adalah tulisan yang bertujuan untuk mengklarifikasi, menjelaskan, mendidik, atau mengevaluasi sebuah persoalan (A.Chaedar Alwasilah dan Senny Suzanna Alwasilah, 2007:111). Eksposisi adalah teks yang berisi paparan argumen penulis dalam menanggapi berbagai persoalan kehidupan yang ada di masyarakat (Pardiyono, 2007:215).  Berdasarkan pendapat di atas, dapat disimpulkan bahwa eksposisi adalah jenis tulisan yang berisi tanggapan pendapat atau gagasan penulis terhadap suatu persoalan.

2 komentar:

  1. sepertinya mudah dan lebih keren. Thanks infonya Gan.. salam dari TV Streaming
    TV Online

    BalasHapus
  2. Terima kasih kembali,,, semoga bermanfaat.

    BalasHapus