Kebiasaan Sederhana

Sebagai wanita seringkali kita dihadapkan pada banyak hal yang membuat sumpek, contoh sepelenya adalah urusan pakaian, makan, bahkan urusan janjian dengan rekan kerja atau pasangan yang seringkali membuat galau. Bahkan, tak jarang mood benar-benar bisa jungkir- balik karena perkara sepele. Nah, dalam beberapa hal (di luar banyak hal negatif yang ada) aku membiasakan beberapa hal yang menurutku ini penting karena berorientasi pada edukasi dan sadar lingkungan.
·       1 Untuk 1
Sederhana itu tidak mengurangi harga tapi menambah harga.
Sebenarnya aku bukan penggemar pakaian tetapi dalam kenyataannya aku mengalami banyak masalah terkait dengan baju. Di antaranya adalah seringkali aku membeli baju tapi cuma satu atau dua kali pakai dannnn.... bosan. Atau di lain hari almari penuh tumpukan baju model ini itu yang sudah kelewat zaman. Bahkan, tidak jarang untuk event tertentu aku menyempatkan diri ngeloyor nyari baju baru. Sumpah aku merasa sangat boros hehe... Akhirnya aku menemukan cara yang menurutku jauh lebih baik, yaitu 1 untuk 1. Apabila aku membeli baju baru satu, aku mengurangi 1 baju lamaku untuk diberikan kepada orang lain. hal ini cukup membuat isi almariku tetap kostan. Di sisi lain, akan melatih diri kita untuk selalu berbagi dengan sesama.
·       Operasi Tanggal Lahir
Hampir semua orang menganggap tanggal lahir itu spesial karena menandai sebuah kehadiran. Hal inipun berlaku padaku. Aku selalu menganggap tanggal 22 itu spesial. Bukan hanya di bulan November saja tetapi di setiap bulannya. Biasanya di tanggal itu aku membuat planning berbagi dengan orang lain. Tentunya bukan traktiranlah ya. Aku lebih suka bernegosiasi dengan barang yang dibungkus rapi dan menarik. Mungkin memang bukan hal yang besar dan mahal tetapi hal itu membuatku selalu ingat untuk bersyukur pada setiap helai nafas yang dianugerahkan Tuhan padaku. Kita makhluk sosial dan itulah mengapa manusia tidak bisa hidup sendiri dan saling membutuhkan (kata pelajaran IPS).
·       Bye-Bye Sampah Visual
Paling males banget kalau ngeliat orang buang sampah sembarangan. Apalagi kalau di jalan asal wer wer werr dari motor atau mobil. Beuh... rasanya kaya pengen tak jitak. Dalam keseharian kita juga sering menemui sampah visual yang memenuhi simpang tiga, simpang empat, nempel tembok, melekat di tiang listrik, bahkan nancep di pohon-pohon. Nah, kalau sudah menyangkut pohon, aku merasa egoku tersentil. Tampaknya manusia-manusia marketer semakin kalap dalam memperkosa benda mati untuk mengiklankan diri/produk mereka. Dan aku? adalah musuh mereka! Setiap jumat sering kali aku menjadi relawan antisampah visual dengan mencabuti iklan-iklan kurang berperasaan di beberapa lokasi. Sampah visual ini juga menjadikan pemandangan sedikit miris.
·       Rekam dan Tulis
Menjadi penulis merupakan impianku sejak lama. Apa saja yang menurutku menarik biasanya aku catat dalam agenda dan media. Bahkan, tidak jarang mereka yang tersentil dengan tulisanku mencak-mencak tak karuan. Sekali lagi, saya hanya memotret realitas di atas kertas yang disublimasi sedikit pendapat. Jadi, kalaupun ada yang tidak setuju masalahnya bukan di saya hehe... Langkah ini kiranya juga cukup membuatku menjadi produktif karena tak jarang donasi mengalir ke rekening tanpa diminta. Yah, sekedar dari hobi memotret kecil-kecilan dalam tulisan tapi malah mendatangkan pundi-pundi uang. Sekali menyelam ketemu buaya hehe...
·       Seni Itu Menyehatkan
Aku pecinta fanatik seni baik seni suara, seni lukis, drama, maupun sejenisnya. Bagiku seni itu sesuatu yang memerlukan penghargaan dengan cara yang tidak biasa. Dan ketidakbiasaan ini yang membuatnya indah karena dalam merasakannya membutuhkan kontemplasi yang tidak mudah. Dalam setiap bulan aku sering mencari agenda-agenda seni yang bisa dikunjungi baik itu pameran seni lukis, pertunjukan teater, pementasan drama, dan lain sebagainya. Penikmat seni itu membutuhkan pendalaman jiwa yang tidak hanya sekedar makan dinikmati kenyang. Akan tetapi, di dalamnya ada soul yang sedang dicoba untuk diraba. Itulah kenapa seni juga bisa digunakan untuk terapi jiwa. Aku selalu haus hal-hal yang berbau perasaan ini, terlebih jika dinikmati dengan orang yang diinginkan.

Itulah beberapa kebiasaan yang seringkali aku lakukan. Hal-hal sederhana yang mudah dilakukan siapa saja. Termasuk kamu tentu saja. (16:06)

Komentar